A

A

Berbagai Jenis Pendingin Prosesor Komputer

Lifestyle And Business Prosesor adalah salah satu Komponen dalam Komputer yang rentan tehadap panas yang dihasilkan oleh adanya pemrosesan data yang terjadi didalam prosesor, sehingga semakin besar dan berat data yang dia proses maka Prosesorpun akan semakin panas karena berbanding lurus dengan kenaikan suhu, padahal suhu Prosesor yang di recomendasikan adalah dibawah 75 derajat celcius. Untuk mengurangi kenaikan suhu pada Prosesor tersebut maka kita memerlukan Pendingin Prosesor dan dari sekian banyak Macam dari pendingin prosesor itu maka berikut ini saya sebutkan macam macam nya 

  1. Stock Cooling 
     pendingin inilah yang biasanya menjadi bawaan saat kita membeli processor. Untuk odel dan bahannya standar. Model heatsink (generasi pertama) dan heatsink fan (generasi kedua), bahannya terbuat dari alumunium.  
  2. Thermoelectric Cooler  
    Pendingin ini bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga di satu sisi logam akan dingin dan di sisi logam yg lain akan panas.
  3.  Nitrogen Cair & dry ice
    Proses pendinginannya Prosesor yang akan didinginkan ditempelkan secara langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang antinya bonk tersebut akan diisi dengan Dry Ice atau Nitrogen Cair.
  4.  Water Cooler
    pendinginan air dalam PC membawa beberapa kelebihan: Komponen terintegrasi seperti CPU atau graphics card akan menjadi 10% lebih dingin, sehingga umurnya akan lebih panjang. Dengan produksi panas lebih rendah, beban sistem dan kebutuhan ventilasi berkurang, PC pun nyaris tanpa bunyi.
  5. Phase-change cooler 
    Proses pendinginan dengan Phase-changer cooler adalah dengan memberikan tekanan dengan compresor

 

Dari sekian banyak macam Pendingin Prosesor yang paling umum di pakai tentu saja yang  Stock Cooling karena biasanya sudah satu paket dengan pembelian Prosesor dalam satu kardus dan juga kenyataannya sudah baik dipakai.


You might also like: 
 
Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site Map