A

A

Jayabhaya

Lifestyle And Business. Jayabhaya ejaan lain Jayabaya adalah seorang tokoh termashur Tanah Jawa, Jayabhaya atau Prabu Jayaaybha merupakan raja Kediri yang paling termashur terutama karena karya karyanya yang dikenal dengan Jangka Jayabhaya. Jayabhaya memerintah Kediri tahun 1135-1157 dengan gelar Kebangsawanannya Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa. Pada Masa Prabu Jayabhaya ini sebagai masa keemasan Kerajaan Kediri, dan telah meninggalkan berbagai prasati dan karya sastra diantaranya :

  • Prasasti Hantang/Ngantang 1135
  • Prasasti Talan 1136
  • Prasasti Jepun 1144
  • Kakawin Bharatayudha 1157

Jayabhaya dalam Babad Tanah Jawa atau tradisi Jawa, Jayabhaya adalah Titisan Dewa Wisnu, Negaranya bernama Widarba ibukotanya di Mamenang. Gendrayana nama Ayahnya, putra Yudana, putra Parikesit, putra Abimanyu, Putra Arjuna dari keluarga Pandawa.

Jayabhaya adalah tokoh besar tanah jawa yang identik dengan Ramalan Jayabhaya, yang telah dijadikan Naskah dalam Serat Jayabhaya Musarar, Serat Pranitiwakya dan lain sebagainya. Dalam Serat Jayabhaya Musarar dikisahkan Jayabhaya berguru pada ulama bernama Maolana Ngali Samsujen yang menggambarkan keadaan Pulau Jawa sejak Zaman Ajisaka hingga zaman sesudahnya.

Prabu Jayabhaya memiliki permaisuri Dewi Sara, memiliki anak anak :

  • Pangeran Jayaamijaya, menurunkan raja-raja Tanah Jawa, sampai zaman mataram Islam
  • Dewi Pramesti, menikah dengan Astradarma raja Yawastina yang melahirkan Anglingdharma Raja Malawapati
  • Dewi Pramuni
  • Dewi Sasanti

Prabu Jayabhaya yang merupakan tokoh terkenal bukan hanya di Indonesia namun juga telah mendunia ini saya pakai untuk nama website karena ingat akan kebesaran dan keagungannya. Namun selain karena hal diatas Jayabhaya bagi saya juga sebuah Anonim dari Jaya, Bahagia, Niscaya. Semoga dengan website ini kita dapat meraih Kejayaan, Kebahagian, dan semua itu Niscaya akan kita Raih. Salam dari saya Admin jayabhaya.com

Setiyono

You might also like: 



Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site Map