A

A

Kulon Progo

Lifestyle And Business. Kulon Progo atau Kabupaten Kulon Progo merupakan daerah yang berada di Ujung barat Yogyakarta, Kulon progo berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, yang juga menjadi batas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dan Provinsi Jawa Tengah. Kulon Progo wilayahnya sebelah utara dan barat terdiri dari Pegunungan Menoreh atau Perbukitan Menoreh sedangkan Kulon Progo bagian selatan terdiri dari lembah yang menjorok sampai samudera Hindia dan di Kulon Progo ini pula satu satunya Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai waduk yang diberi nama Waduk Sermo dan berada di wilayah Kecamatan Kokap, sebuah waduk yang kini berbenah dan kedepan penjadi obyek wisata andalan dari kabupaten Kulon Progo yang juga menjadi salah satu penopang tercapainya slogan Kulon Progo sebagai Mutiaranya Jawa yang di gembar gemborkan pemerintahnya dengan sebutan Jewel Of Java, sebuah pandangan dan harapan untuk Kulon Progo yang menjadi pusat ekonomi, kebudayaan juga pariwisata di Pulau Jawa juga indonesia yang akan diperhitungkan dimasa depan, tentulah hal ini tidak lepas dari akan adanya Mega Proyek yang akan dikerjakan di Kabupaten Kulon Progo.

Kabupaten Kulon Progo saat sekarang dipimpin oleh Bupati Dr. H. Hasto Wardoyo, SP. OG (K) dan wakil bupati Drs. H. Sutedjo. Kulon Progo atau Kabupaten Kulon Progo ini adalah penggabungan dari 2 Kabupaten Sebelumnya Yaitu Kabupaten Kulon Progo Yang Wilayahnya :
  • Kabupaten Pengasih, tahun 1831
  • Kabupaten Sentolo, tahun 1831
  • Kabupaten Nanggulan, tahun 1851
  • Kabupaten Kalibawang, tahun 1855
Sedangkan Kabupaten Adikarto Terdiri atas 2 kawedanan yaitu :

  • Kawedanan Sogan
  • Kawedanan Galur
Selanjutnya tentang penggabungan Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Adikarto tersebut begini sejarahnya :
Srisultan Hamengkubuwono IX dan Pakualam VIII pada tahun 1951 memikirkan perlunya Penggabungan dua wilayah Kasultanan dan Pakualaman tersebut, maka selanjutnya dikeluarkanlah Undang Undang Nomor 18 tahun 1951, penetapannya tanggal 12 Oktober 1951 dan diundangkan tanggal 15 Oktober 1951. Undang undang ini mengatur tentang perubahan undang uandang nomer 15 tahun 1950 untuk penggabungan Daerah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Adikarto dalam lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu kabupaten dengan nama Kulon Progo yang selanjutnya berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Mulai tanggal 15 Oktober 1951, undang uandang tersebut mulai berlaku, jadi secara resmi hari jadi kabupaten Kulon Progo adalah tanggal 15 Oktober 1951 saat diberlakukannya Undang Undang nomer 18 tahun 1951 oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia.

Untuk saat ini wilayah Kabupaten Kulon Progo terdiri atas 12 Kecamatan dan 88 Desa/kelurahan, Kecamatan tersebut Kalo diurutkan dari utara adalah :

  1. Kecamatan Kalibawang
  2. Kecamatan Samigaluh
  3. Kecamatan Nanggulan
  4. Kecamatan Girimulyo
  5. Kecamatan Sentolo
  6. Kecamatan Pengasih
  7. Kecamatan Wates
  8. Kecamatan Kokap
  9. Kecamatan Temon
  10. Kecamatan Panjatan
  11. Kecamatan Galur
  12. Kecamatan Lendah
Semoga kedepan slogan Kabupaten Kulon Progo Jewel Of Java yang kini di dengungkan pemerintahnya, benar benar terjadi dan dapat memberikan lebih banyak lagi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Kulon Progo termasuk saya. Demikian tulisan dari saya tentang Kulon Progo, semoga bermanfaat. Terimakasih

Setiyono

Jangan Lupa Kunjungi Juga Link Dibawah ini :

                Profitclicking

                Bisnis Pulsa Gratis Daftar

                Selamat Tahun Baru 2013     

               Jayabhaya

               Menghilangkan Tanda Silang Pada baterai Laptop

              Alexa Internet

              Oktafx Broker Spread Rendah



Reaksi:

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site Map