A

A

Generasi Prosesor AMD

Bagi anda penggemar Prosesor AMD seperti halnya saya, maka berikut ini akan saya informasikan generasi prosesor prosesor andalan dari AMD (Advanced Micro Devices, Inc) namun sebelumnya mari kita mengenal perusahaan AMD ini. AMD adalah sebuah Perusaan semiconduktor yang berpusat di diSunnyvale, California, Amerika Serikat. AMD ini memasok prosesor Komputer ke dua besar dunia setelah saingannya Intel, Pendiri Perusahaan AMD (Advanced Micro Devices) adalah Jerry Sanders. Ia terlahir dengan nama lengkap Walter Jeremiah Sanders III yang dilahirkan pada tanggal 12 September 1936 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Beberapa produk mikroprosesornya yaitu:

    untuk pangsa pasar server :
        Opteron
    untuk pangsa pasar Desktop  :
        AMD FX
        APU A SERIES
    untuk pangsa pasar laptop :
        APU A SERIES
    untuk pangsa pasar prodak embeded :
        APU G SERIES
    untuk pangsa pasar prodak tablet pc :
        APU Z SERIES

Beberapa prodak kartu grafis nya yaitu :

    untuk pangsa pasar desktop :
        Radeon
    untuk pangsa pasar laptop :
        Radeon Mobile
    untuk pangsa pasar professional dan pangsa pasar server :
        FIREPRO
    untuk server cloud khusus gaming
        Radeon sky

prodak processor dan kartu grafis AMD juga terpasang di beberapa konsole gaming salah satu prodak tersebut adalah :

    xbox 360 : menggunakan kartu grafis ATI xenos
    Nintendo Wii : menggunakan kartu grafis ATI holywood
    Nintendo Wii U : menggunakan kartu grafis AMD radeon latte
    Playstation 4 : menggunakan processor AMD apu 8 core dan grafis radeon yang sudah ter-intregrasi dengan AMD apu
    Xbox one : menggunakan processor AMD apu 8 core dan grafis radeon yang sudah ter-intregrasi

Inilah Urutan Produk Prosesor AMD Secara Garis besarnya
1. AMD K5     
 
AMD K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yg mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.

  

2. AMD K6
Prosesor AMD K6 merupakan prosesor generasi ke-6 dengan peforma tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III
3. AMD Duron
AMD Duron merupakan keluarga prosesor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, awalnya prosesor ini memiliki code nama Spitfire yg dibuat berdasarkan Core Thunderbird. AMD Duron merupakan versi AMD Athlon yg “diringkas” ia memiliki semua arsitektur yg dimiliki AMD Athlon. Kinerja AMD Duron dengan AMD Athlon hampir sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Sa’at ini AMD sudah menghentikan produksi AMD Duron.
4. AMD Athlon
 
AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Prosessor ini merupakan aksi come-back AMD ke pasar industri mikro-prosesor high-end dan AMD ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor. Beberapa fitur tambahan prosesor ini adalah tambahan dua instruksi untuk 3DNow! Dan dua instruksi untuk MMX yg berada didalam pipeline floating point. Instruksi 3DNow! Yg dimasukan ke dalam Prosesor AMD Athlon telah diperbaiki dan diperluas dengan menambahkan 24 interuksi untuk kalkulasi aritmetika integer. Prosesor ini mengungguli Intel Pentium III Katmai dan baru dapat didekati oleh Intel Pentium III Coppermine. Fitur lainya prosesor ini adalah AMD Athlon dapat dijadikan prosesor untuk system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD mewujudkan computer yg memiliki dua prosesor AMD Athlon.

5. AMD Athlon 64
Prosesor ini memiliki 3 variant socket yg berbeda yaitu socket 754, 939, dan 940. Socket 754 memiliki kontroler memori yg mendukung penggunaan memori DDR kanal tunggal. Socket 939 memiliki kontroler memori yg mendukung memori kanal ganda. Prosesor ini merupakan prosesor pertama yg kompatibel terhadap komputasi 64bit. Prosesor ini menggunakan teknologi AMD 64 yg bisa bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.
6. AMD Athlon 64 FX
Prosesor ini memiliki 2 karakter penting :
Dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh
Menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.
System PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yg antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.
7. AMD Sempron
Prosesor ini adalah sebuah jajaran prosesor yg diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar computer murah, untuk bersaing dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
  1. AMD Sempron soket A
  2. AMD Sempron Soket 754

 
8. AMD 64 X2 Dual Core 
Prosesor ini dimaksudkan untuk menyaingi apa yang dikembangkan Intel dengan prosesor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit, prosesor ini ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yg intensif.
Dari sisi fitur prosesor ini dilengkapi dengan teknologi sperti HyperTransport yg mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, meningkatkan bandwith, mengurangi latency system. Pendekatan yg digunakan disini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dai prosesor langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa menikmati loading aplikasi yg lebih cepat dari performa aplikasi yg lebih meningkat.
9. AMD Opteron
Prosesor ini 64 Bit yg dirilis untuk pasar workstation dan server pada musim semi 2003.
Fitur-fitur :
  1. Cahche level-1 sebesar 128 KB yg terbagi ke dalam data chache 64 KB dan instruction cache 64 KB.
  2. Chache level-2 sebesar 1024 KB
  3. Kecepatan dari 1400 MHz – 3000MHz
  4. Memiliki 3 buha link HyperTransport dengan kecepatan 3200 Mbit/s
  5. Mampu mengakses memori fisik hingga 1 terabyte
  6. Tersedia dalam single-core, dual-core, quad-core
10. AMD Phenom 


Ya, ini disebut Phenom, yang saya dengar diucapkan "biaya-nom," seperti sarjanapitching menjanjikan muda dalam sistem pertanian beberapa klub baseball, dan"fen-om," yang berima dengan "racun" dan suara positif beracun untuk saya telinga.Either way, apa nama terutama membangkitkan bagi saya adalah ini: Phenom-ena.Saya kira tidak apa-apa sejauh nama CPU pergi, walaupun.
Chip itu sendiri adalah dasar yang sama "K10" desain ditemukan di AMD Opteronquad-core. Meskipun mereka core CPU berasal dari yang ditemukan di saat prosesorAthlon 64 X2, AMD telah membuat revisi besar kepada mereka dalam rangkameningkatkan kinerja per-jam dan efisiensi. Core sekarang memiliki instruksi, luas 32​​-byte mengambil, dan unit floating-point dapat mengeksekusi operasi 128-bit SSEdalam suatu siklus clock tunggal. Phenom dapat mengeksekusi instruksi tambahanSSE3 Intel yang termasuk dalam prosesor Core 2, tetapi tidak ekstensi SSE4 baru diIntel 45nm yang baru saja diperkenalkan chip. Inti K10 memiliki bandwidth lebih banyakke seluruh dalam rangka untuk mengakomodasi lebih tinggi throughput-internal antarunit pada chip, antara cache L1 dan L2, dan antara cache L2 dan jembatan utara /memory controller. 


Sumber : imamsyamshaq.blogspot.com
              jayabhaya.com
Reaksi:

1 komentar:

  1. eToro is the ultimate forex trading platform for newbie and advanced traders.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site Map