A

A

Jatisarono

Kantor Kepala Desa Jatisarono
Jatisarono adalah sebuah desa di tepian sungai progo, jatisarono ini wilayahnya terbentang di sebelah Timur pegunungan menoreh yang  wilayahnya terdiri dari banyak areal persawahan mengingat Jatisarono ini memiliki wilayang yang dialiri oleh saluran irigasi dari Kalibawang. Jatisarono yang kemudian kita sebut Desa Jatisarono ini memiliki 12 Pedukuhan/Dusun 24 Rukun Warga (RW) dan 60 Rukun Tangga (RT) Pembentukan Jatisarono Menjadi Sebuah Desa berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 1946 mengenai Penggabungan Kelurahan. Sebagai lurah Pertama adalah R. Tondo Sutikno kemudian dilanjutkan oleh Lurah Lurah Periode Berikutnya. Desa Jatisarono berada di wilayah Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikut ini nama nama Lurah Desa Jatisarono :
    R. Tondo Sutikno (1948-1990)
    Narimanto (1990 Pj)
    Rahmad Sarono, BA (1990-2000)
    Muji Kurniawan Nugroho,SE (2000-2008)
    Muji Kurniawan Nugroho,SE (2008-....)
Di Bidang pertanian pun Desa Jatisarono mendapatkan posisi yang strategis karena mendapatkan Pasokan air secara langsung dari saluran irigasi Bendungan Kalibawang sehingga dalam setahun dapat Menanam Padi sebanyak 2 kali periode dan dilanjutkan dengan menanam kedelai maupun jagung. Sedangkan dari segi perekonomian Desa Jatisarono tidaklah kesulitan untuk transaksi jual beli kebutuhan pokoknya karena lokasinya yang tidak jauh dari Kota Wates Sebagai Ibu Kota Kabupaten Kulon Progo maupun Ke Yogyakarta sebagai ibu kota propinsi yang apat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 30 menit.

Batas batas Desa jatisarono adalah sebagai berikut :
    Batas Sebelah Utara : Desa Kembang
    Batas sebelah Timur : Sungai Progo
    Batas sebelah Selatan : Desa Wijimulyo, Desa Banyoroto, Desa Tanjung Harjo
    Batas sebelah Barat : Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo

Jatisarono merupakan sebuah desa yang sangat setrategis Karena dilewati Oleh Jalan Raya yang Menghubungkan Wates Dengan Magelang/Muntilan yang sekaligus sebagai urat Nadi Kabupaten Kulon Progo karena sebagai jalan vital kabupaten yang menghubungkan langsung 2 Kabupaten yang berada di 2 Provinsi yang berbeda, juga dengan adanya jalan alternatif Yogya-Purworejo yang dihubungkan oleh Jembatan Ngapak yang membentang di atas sungai progo. Sedang sarana dan prasarana lain seperti dibidang pendidikan Desa Jatisarono memiliki 5 Taman kanak kanak, 5 Sekolah Dasar, 2 Sekolah Menengah Pertama dan 2 Sekolah Menegah Kejuruan. Juga dengan segera akan dibangunnya beberapa Tempat Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD Sebagai upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Sedangkan Ke 12 Pedukuhan/Dusun tersebut adalah

  1.     Dusun Soronanggan
  2.     Dusun Krinjing I
  3.     Dusun Krinjing II
  4.     Dusun Krinjing III
  5.     Dusun Grubuk
  6.     Dusun Karang
  7.     Dusun Bejaten
  8.     Dusun Jatingarang Lor
  9.     Dusun Jatingarang Kidul
  10.     Dusun Nanggulan
  11.     Dusun Janti XI
  12.     Dusun Janti XII

Desa Jatisarono juga salah satu desa yang memiliki nakses tercepat ke Kecamatan nanggulan karena Kantor Kecamatan Nanggulan ini Berada di Dusun nanggulan, Desa Jatisarono.
Reaksi:

8 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat gan, khususnya seputaran jogja, update teruh informasi nya gan terutama daerah daerah kaya gini. Sukses buat website www.jayabhaya.com maupun adminnya. Semoga sukses buat Tradingnya, profit terus... goodluck

    ReplyDelete
  2. Sukses selalu gan dan tyerus gali infonya

    ReplyDelete
  3. Jatisarono.. Gimana ini apa jadi ada Pemilihan Kepala desa. Atau nasibnya diundur juga

    ReplyDelete
  4. Maju terus.. Pantang kendur eh Mundur

    ReplyDelete
  5. Tanah Kelahiranku iki

    ReplyDelete
  6. Masih Bagus SEO googlenya ini gan. Selamat

    ReplyDelete
  7. Kayaknya tahun ini mi ada nyadran

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site Map