A

A

Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

 

Candi Borobudur, Magelang

Jayabhaya.Com - Candi Borobudur adalah candi terbesar didunia selain itu Candi Borobudur juga menjadi Candi Budha terbesar di Dunia sampai sekarang ini. Candi Borobudur telah menjadi bukti bagi dunia internasional bila Bangsa Indonesia dahulu telah mencapai peradapan tertinggi sehingga dapat membangun maha karya terbesar yang bisa bertahan sampai sekarang.

Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Kerajaai Syailendra sekitar Tahun 800an Masehi di Jawa Tengah dengan luas 123 x 123 meter persegi terdiri dari 504 patung Budha, 1 Stupa utama serta 72 stupa.

Candi Borobudur ditemukan oleh Gubernur Jendral Thomas Stanford Raffles tahun 1814 atau sekitar 200 tahun lalu. Dengan sudah lamanya penemuan Candi Borobudur yang lebih dari 2 Abad tersebut maka Candi Borobudur telah mengalami 4 Kali Pemugaran 

         ✔ Pemugaran Pertama 

             Pemugaran pertama Candi Borobudur dilakukan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun                 1907 sampai dengan tahun 1911.

        Pemugaran Kedua

            Pemugaran Kedua Candi Borobudur pada tahun 1926 dan berhenti 1940 mungkin karena faktor             Geo Politik pada tahun tahun tersebut

        Pemugaran Ketiga

             Pemugaran Ketiga Candi Borobudur ini dilakuan oleh Pemerintah Republik indonesia dibantu                 Oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tahun              1973 sampai tahun 1984

        Pemugaran Keempat

            Pemugaran Keempat Candi Borobudur dilakukan lagi pada tahun 1984, hal ini dilakuan karena             sebelumnya terjadi gempa bumi yang meruntuhkan setruktur candi.

Candi Borobudur


Candi Borobudur yang terkenal ini Berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa tengah, dikelilingi oleh Gunung Merapi dan Merbabu di sebelah timur gunung sindoro dan sumbing di sebelah utara. Sedang di arah selatan juga berdekatan dengan obyek wisata Puncak Suroloyo.

Candi Borobudur


#borobudur #suroloyo #unesco #magelang #cyberseti



















Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site Map